5 MOBIL SUZUKI PALING LARIS DI INDONESIA

Penjelasan Terbaik Dari Ahli Seorang Professor

Suzuki juga merupakan pabrikan Jepang yang sudah cukup lama bermain di produksi mobil dan motor. Meskipun di Indonesia pangsa pasarnya di bawah Toyota dan Honda, tetapi Suzuki memiliki ciri khas tersendiri. Berikut daftar kelima mobil terbaik Suzuki versi PHI.

1. Suzuki Escudo Pikes Peak
Bagi Anda yang suka dengan video game Gran Turismo di era ’90 hingga ’00-an, pasti pernah mendengar salah satu mobil ganas dari Suzuki yang menggunakan mesin 2.5 L twin-turbo konfigurasi V6 yang mampu menghasilkan tenaga sekitar 974 HP dan torsi sebesar 932 Nm dengan bobot hanya 800 kg yang digunakan untuk ajang balap Pikes Peak, yakni balap mendaki gunung hingga ke puncaknya. Mobil ini memiliki ciri khas bemper depan seperti pengeruk tanah dan spoiler belakang terbesar yang pernah Anda temui. Ini dilakukan untuk memberikan gaya tekan ke bawah (Downforce) yang tinggi untuk mengimbangi mesin besar dan ringannya mobil ini. Mampu menembus 100 km/j dari berhenti hanya dalam 2,3 detik dan kecepatan maksimum 270 km/j

2. Suzuki Baleno
Di nomor kedua, Suzuki memiliki mobil sedan kompak yang pada 2017 ini mendapatkan perubahan drastis dan tampak lebih segar dibanding pendahulu-pendahulunya. Selain itu, tipe body-nya berubah menjadi sebuah hatchback. Karena perubahannya ini, Suzuki akan berhadapan dengan pesaing baru, seperti Mazda 2 dan Ford Fiesta. Sejak awal produksi pada 1992, Baleno mengalami beberapa kali facelift. Namun, secara generasi, Baleno sudah masuk ke generasi ke-empat untuk model terakhir ini. Jujur secara desain, bagi saya pribadi, Suzuki tidak banyak mengeluarkan mobil dengan desain yang menarik. Tetapi, untuk kali ini, Suzuki telah banyak berbenah sehingga produk-produknya kini sudah mulai siap bersaing.

3. Suzuki Vitara
Suzuki Vitara merupakan mobil SUV kenamaan Suzuki. Hadir pertama kali pada tahun 1988 sebagai mini SUV yang akhirnya beralih ke Crossover SUV pada generasi ke-empat. Dua generasi pertama cukup sukses di pasaran. Namun yang cukup mengalihkan perhatian saya adalah generasi ketiga dari Vitara yang diberi embel-embel Grand sehingga namanya menjadi Grand Vitara. Setelah sukses dengan generasi ketiga, Suzuki tetap mempertahankan desain ini cukup lama. Hingga 2012 lalu mendapatkan facelift. Akhirnya pada 2017 ini, Suzuki secara resmi menghentikan produksi generasi ke-3 dan menggantinya dengan model ke-empat yang sudah diperkenalkan sejak 2014 lalu di Paris Motor Show.

4. Suzuki Jimny
Bagi para penggemar off-road dan SUV pasti kenal dengan mobil satu ini. Yup, Suzuki Jimny merupakan sebuah mini SUV yang unik dengan bentuk mengotak dan hanya memiliki dua pintu saja. Model ini laris di pasaran karena selain bentuknya yang tidak biasa, mobil ini bertenaga dan juga ringkas. Tidak membutuhkan banyak space untuk mobil satu ini. Di Indonesia sendiri, mobil ini juga dikenal dengan nama Suzuki Katana. Generasi ketiga hadir sejak 1998 hingga 2017 dengan bentuk yang hampir sama, namun memiliki desain yang lebih dinamis. Pada 2018 nanti, Jimny akan mendapatkan penyegaran. Kita lihat saja perkembangannya nanti.

5. Suzuki APV
Suzuki APV dulu terkenal sebagai mobil keluarga yang lega dan mudah membawa banyak muatan. Suzuki APV dibangun dari basis Suzuki Every, yang juga terkenal lega. Harga APV sendiri terbilang lebih murah. Ia diluncurkan untuk menantang Avanza yang telah lebih dulu meluncur. Konsepnya agak berbeda, ia fokus pada kelegaan. Itu alasan mengapa APV menggunakan desain semi-bonnet yan menghemat dimensi, namun menciptakan kelegaan di dalam. Ia muncul dengan 4 varian, GA, GE, GL, dan GX. Tidak mau kalah pada Avanza, pada 2006, Suzuki meluncurkan APV matik pada tipe GX. 2008, tepatnya Desember 2007, Suzuki menyegarkan APV dengan nama baru dibelakangnya, Arena. Seri Arena mempunyai 3 varian, GL, GX, dan SGX yang sudah mnggunakan captain seat. Hanya GX dan SGX yang mempunyai varian matik.