Top Menu

6 Tips Membedakan Emas Yang Asli Dan Palsu

Emas palsu saat ini banyak tersebar di pasaran, sedangkan itu gak seluruh orang yang mengerti soal metode membedakan emas yang asli serta palsu. So, resiko kerugian yang dirasakan para pembeli emas pula kian besar.

Emas merupakan produk investasi yang biayanya cenderung normal. Tidak hanya itu, emas pula ialah investasi jangka panjang yang menguntungkan serta gak bakal tergerus oleh inflasi.


Bersumber pada informasi Tubuh Pusat Statistik( BPS), di tahun 2000 harga emas terletak di tingkat Rp 71. 875 per gr, setelah itu naik jadi Rp 206. 667 pada tahun 2007. Sebaliknya di tahun 2010, biayanya telah menggapai Rp 360. 000 per gr, serta pada tahun 2014 dikala tahun politik menggapai Rp 478. 402 per gr.


Di tahun 2020, harga emas menggapai Rp 800 ribuan per gr. Keuntungan yang kalian telah beli emas semenjak tahun 2000, luar biasa kan keuntungannya.


Sebab seperti itu, dikala kalian memperoleh rejeki nomplok, jangan dihabiskan buat berhura- hura aja. Belilah sebagian gr emas batangan lagi supaya uangmu terus menjadi meningkat.


Sayangnya jika waktu beli lagi kalian malah bisa emas yang gak asli. Jika semacam itu sih bukannya untung tetapi malah buntung jadinya.


Sebab itu, berarti banget buat mengenali identitas emas palsu supaya impianmu meraup pundi- pundi Rupiah dengan metode gampang berjalan lembut. Ini nih triknya.


1. Perhatikan fisiknya


Metode Membedakan emas asli serta emas palsu yang termudah merupakan dengan memandang dari karakteristik fisiknya. Umumnya, emas murni itu ada cap yang menunjukkan kandungan emas.


Nah, umumnya kandungan emas memakai satuan fineness( 1- 999 ataupun 0. 1- 0. 999). Yang umum diketahui gunakan satuan karat dalam angka 10K, 18K, ataupun 24K.


2. Cek sertifikat emas


Langkah termudah merupakan dengan mengecek sertifikat emas yang kalian miliki. Dapat saja emas itu dilengkapi dengan sertifikat emas Antam palsu buat menampilkan seolah- seolah emas palsu itu asli, tetapi kita gak menyadarinya.


Buat mengenali sertifikat emas Antam asli ataupun palsu, letakkan saja di dasar cahaya ultraviolet. Hendak terdapat garis- garis minor corak warni semacam seperti duit kertas serta blok bercorak hijau di tiap deskripsi perinci sertifikat. Yakinkan pula logo watermark industri pencetak sertifikat.


2. Cek pergantian warna


Metode berikutnya buat mengenali emas palsu ataupun asli merupakan dengan menggesekkan jari ke zona tertentu pada emas.


Apabila dikala digosok rupanya berganti semacam pudar ataupun gak seragam, dapat ditentukan itu emas palsu.


3. Gigit emas


Kerap dong memandang atlet olimpiade yang menggigit emas?


Emas merupakan logam yang lunak, jadi gampang banget buat dibangun. Terus menjadi besar kandungan karatnya, terus menjadi lembut pula emasnya.


Karakteristik khas dari emas ini dapat kalian peruntukan trik buat memastikan keaslian emas. Triknya dengan menggigit emas tersebut.


Apabila terdapat sisa gigitan yang tertinggal, mungkin besar emas itu merupakan asli. Kebalikannya jika keras banget serta gak terdapat sisa apa- apa, dapat jadi itu emas palsu. Tetapi mata kalian wajib teliti lho ya dikala memandang sisa gigitan itu.


4. Cek dengan Magnet


Tidak hanya logam yang lembut, emas pula gak dapat ditarik dengan magnet. Perihal itu dapat kalian peruntukan metode gampang buat membenarkan keaslian emas tersebut.


Jadi, kalian dapat menggunakkan magnet dengan kekuatan besar serta arahkan ke emas. Bila tertarik magnet, udah tentu emas itu emas palsu.


Tetapi, menguji gunakan magnet ini pula bukan jaminan 100 persen mengingat banyak logam lain yang bertabiat nonmagnetik.


5. Goreskan pada keramik ataupun kertas


Metode yang lain merupakan dengan menggoreskan emas pada keramik ataupun kertas.


Emas asli gak bakal meninggalkan jejak bila digoreskan di kertas ataupun keramik. Lain halnya logam lain yang bakal meninggalkan guratan.


Metode ini emang terbilang lumayan berisiko sebab bisa mengganggu emas. Tetapi jika kalian bersedia mengambil resiko, ya silakan dicoba.


6. Cek kepadatan emas


metode terakhir cek emas palsu ialah dengan cek kepadatan emasnya( seriau)


Metode Membedakan emas asli serta palsu berikutnya merupakan dengan mengecek kepadatan emas tersebut. Metode ini dapat dibilang yang sangat mendekati valid.


Mengapa gitu? Ini, emas kan logam yang mempunyai kepadatan besar banget. Jadi, tidak sering banget terdapat logam lain yang sanggup menyaingi kepadatan emas. Pendek kata, terus menjadi besar kepadatan, hingga terus menjadi murni logam mulia itu. 

Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates